Mengenal Aki mobil atau accu mobil

Jenis Aki mobil atau accu mobil


Mengenal aki mobil atau accu mobil dengan jenis, ragam dan fungsinya
Dalam dunia otomotif terkait dengan keberadaan aki mobil atau accu mobil tidak bisa di anggap sebelah mata, keberadaan nya yang vital dalam sebuah kendaraan atau engine perlu  untuk di berikan pemahaman  yang  tepat bahkan  lebih dari sekedar keberadaanya dan fungsinya itu sendiri .

Fungsi utama aki adalah untuk menggerakkan motor. Selain itu, aki juga berperan sebagai penyimpan listrik, sekaligus sebagai penyeimbang arus listrik dan tegangan kendaraan. 
Berikut jenis atau ragam aki yang di kenal saat ini


1. Aki Basah

Aki Basah adalah aki yang bahan dasar cairan  bakunya berisi cairan H2SO4 (asam sulfat). Di era kendaraan moden saat ini ,baterry dalam bahasa inggrisnya,   digunakan kebanyakan kendaraan di dunia berkembang di gunakan  aki model basah. Adapun karakter jenis nya ini adalah mempunyai lubang dengan penutup yang berfungsi untuk menambah air aki saat kekurangan, karena penguapan atau lainnya. umumnya penguapan ini disebabkan karena adanya reksi kimia antara sel dan air aki. di dalam reaksi kimia sel-sel tersebut menggunakan Pb (bahan timbal). 

Sisi kelemahan yang ada pada jenis si empunya harus rajin memeriksa ketinggian lever air aki secara rutin. Cairan dari jenis  ini sifatnya sangat korosif. Uap air yang ada  tersebut mengandung hydrogen yang cukup rentan terbakar, bahkan meledak, apabila terkena percikan api. Jenis yang satu ini mempunyai sifat self-discharge paling besar daripada kompetitor lainnya, sehingga harus disrtrum ulang ketika didiamkan terlalu lama.

2. Aki Hybrid

Aki hybrid adalah aki yang karakter  jenis nya  ini mempunyai performa dan sifat self-discharge yang lebih baik dibandingkan dengan jenis konvensional. tidak jauh berbeda dengan yang jenis  basah. Perbedaan antara keduanya  terdapat pada material komponen sel nya. yang  jenis hybrid selnya menggunakan low-antimonial pada sel (+) dan kalsium pada sel (-). 


3. Aki Maintenance Free (Bebas Perawatan)

Aki Maitenance free atau bebas perawatan adalah aki yang dikemas dalam desain khusus yang mampu menekan tingkat penguapan cairanya . Uap yang terbentuk nantinya akan mengalami kondensasi, sehingga kembali menjadi air murni. Hal ini lah yang menjaga level colume cairanya   pada kondisi ideal, sehingga tidak diperlukan lagi pengisian ulang cairan.  Jenis maintenance atau  bebas perawatan biasanya terbuat bahan dasar  jenis aki kalsium atau pun aki hibrid.


4. Aki Sealed atau aki kering

Aki tertutup atau aki kering adalah ,aki yang mana se-selnya terbuat dari bahan kalsium yang disekat oleh jarigan berisi bahan elektrolit berbentuk selai/gel. Biasanya  jenis ini dikemas dalam wadah yang tertutup rapat. karena performanya  tertutup  maka sering lebih masyhur  dengan sebutan aki kering.

Karakter sifat elektrolitnya mempunyai kecepatan penyimpanan listrik yang lebih baik. Pada  elemen nya mempunyai kemampuan penyimpanan listrik jauh lebih baik dibandingkan dengan aki kalsium. Hal ini dikarenakan, sel yang terdapat dalam yang satu ini  terbuat dari bahan kalsium.

Seringnya jenis formula  kering mempunyai self-discharge yang sangat kecil, sehingga "si Kering"  ini masih mampu melakukan start saat didiamkan, meski pun dalam waktu yang cukup lama.

adapun kelebihan kemasan formulai yang tertutup rapat, membuat penempatannya  bebas ditempatkan dengan berbagai posisi, tanpa khawatir akan tumpah. di sisi  kekurangannya, karena wadahnya tertutup rapat membuat air aki tidak tahan dengan temperatur tinggi, sehingga diperlukan penyekat panas tambahan bila diletakkan di ruang mesin.




5. Aki Kalsium

Aki kalsium adalah aki yang  bahan sejatinya menggunakan material kalsium. Kedua sel yang ada di dalamnya terdiri dari  calcium, baik (+) maupun (-). Jenis yang satu ini   ini mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan dengan yang  hybrid. Kemudian, tingkat penguapan kalsium lebih kecil dibandingkan dengan yang  konvensional.

Itulah sekapur sirih tentang pengenalan Aki Mobil atau accu mobil, semoga apa yang di tulis dapat bermanfaat untuk bersama

Artikel terkait