Berhemat Bahan bakar ala alarm motor
Dear Sobat alarm motor sekedar berbagi artikel dimana dengan maraknya pengendara motor di bumi ibu pertiwi kita silahkan untuk menhambil faedah di bawah ini semoga bermanfaat unutk kita semua.
1.Periksa Tekanan Ban
hal sepele, akan tetapi besar manfaatnya dalam
menghemat konsumsi BBM. Karena bila tekanan angin tidak standar, efeknya keborosan BBM 10-25%. So jangan ragu untuk memastikan tekanan ban di motor
kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. Pemansan awal pada Mesin Motor
Dengan pemanasan mesin motor 2 atau 3 menit jangan kuatir tidak panas, karena motor-motor moerdn saat ini didesain
lebih canggih , memanaskan mesin motor selama waktu tersebut sudah baik.
akan tetapi jangan kalau kelamaan memanaskan mesin motor anda mengakibatkan knalpot
menjadi merah dan cepat keropos karena terlalu panas.
3. Atur Jarak Main Rem
Jarak rem sampai menempel, tentu akan
bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama
jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan
maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan
telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
Daya lumas oli yg baik mampu membuat
kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari
motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat
pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di
anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar
dan putaran yang lancar.
5. Perhatikan Jarak
Perhatikan juga sampai jarak berapa dari
stang motor mulai bergerak. sekitar 50% dari jarak yang ada merupakan
jarak yang baik. Jangan menggeber-geber gas tapi dengan tarikan yang
halus dan stabil. Kemudikan motor secara baik dan benar dapat menghemat
bahan bakar sampai 15%. Gerakkan gas dengan cara halus pada mesin yang
menggunakan RPM meter, usahakan RPM tidak melewati 50% atau pertahankan
kecepatan motor lebih sering pada antara 50-70 km/jam. Pada saat
kecepatan di atas 70 km/jam.
6. Setting Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat
bisa bikin tenaga mesin loyo Pengendara pun cenderung menarik gas
lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai,
untuk itu, kerenggangan komponen ini harus disetel tepat sesuai
jenis motor masing-masing.
7. Kopling di stel dulu
Stelanya jangan sampai terlalu sensitif.
Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, cengkraman kampas kopling jadi cepat
ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari
motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu,
pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah
tipis/aus segeralah ganti baru.
8. Methode Berkendara
Kemacetan seolah telah menjadi fitur
baru di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Akibatnya, selain memicu
stress si pengendara mobil, konsumsi BBM pun bertambah. Dan kedua hal
ini tanpa disadari sebenarnya saling berhubungan. Berbagai survei
mengatakan bahwa tingkat stres tinggi pada seseorang akan lebih mudah
memacu kendaraan lebih kencang tanpa memperhitungkan sekelilingnya.
Alhasil BBM yang terkonsumsi mesin pun makin banyak.
9. Masalah Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak
tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun.
Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM
menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna,
tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah
dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai
diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu,
atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
10. Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi)
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna
menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga
selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu,
setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga
sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat
memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit
konsumsi BBM.
11. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh
di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter
dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor
kudu diganti baru, tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain
menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
12. Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan
percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar!!. Kalo anda masih
suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering
main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem,
mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan
perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin
konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
Bila misalnya motor Anda hanya perlu
menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu Anda ganti dengan pertamax
atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih
kencang. Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara
tipe mesin dengan jenis BBM. Untuk contoh di atas, memang motor ber-BBM
premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat
motor bersangkutan mengonsumsi BBM lebih banyak (yang pasti harganya
lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. Jika motor memang
direkomendasikan harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas
dengan memakai BBM premium. Selain akan membuat mesin ngelitik,
penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat motor boros
konsumsi BBM-nya
Demikianlah sepenggalan dari cara menghemat bensin motor anda, semoga bermanfaat . Sekian dan Terima Kasih.
.
Sumber :di sadur dari berbagai informasi