Cara Merawat Aki Motor



merawat aki motor dengan cara tips nya
Sudah bukan rahasia lagi merawat aki motor  atau aki motor merupakan suatu kemestian dalam rangkain kendaraan bermotor beberapa nya untuk menyalakan atau menjalankan beberapa equiptment. Agar bisa berumur panjang sesuai dengan kemampuannya maka merawat nya merupakan hal yang mutlak perlu dilakukan.

Si kotak ajaib ini  akan bekerja dengan normal pada periode waktu tertentu. Karena setelah dipakai terus-menerus  lambat laun komponen akan aus dan kehilangan fungsi normalnya.
Diperlukan perawatan yang rutin, supaya tetap awet dan performanya terjaga. Dengan begitu, pengguna kendaraan akan mudah menyalakan kendaraannya



Meski pun saat tidak digunakan namun tegangan listrik yang ada pada aki akan habis pada waktu tertentu. Ada tips di bawah ini agar hal tersebut dapat tahan sekitar 3-4 tahun. Berikut ini ada empat cara merawat dan menjaga nya supaya lebih tahan lama 

Perhatikan permukaan cairannya

Cairannya harus berada di antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah. Periksa penggunaannya secara rutin setiap dua bulan sekali. Jika airnya tidak berada di antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah, tambahkan cairannya

Hindari memodifikasi aliran listrik 

Cara pemasangan kabel berlebihan  tidak dianjurkan  dengan  benar, apalagi  saat jika pengisianya  bermasalah, bisa mengakibatkan daya listik akan cepat habis.

Utamakan kick starter

Untuk menghidupkan mesin  ada baiknya , dikarenakan penggunaan kick starter di pagi hari masih cukup efektif. Penggunaan kick starter sebaiknya digunakan ketika kendaraan dalam jangka panjang tidak hidup sekitar 8-12 jam. Jika tidak digunakan dalam waktu yang singkat sekitar 5-7 jam, gunakan saja fasilitas starter elektrik untuk menghidupkan nya. 

Gunakanlah Kendaraan Secara Bijaksana

Kata-kata bijak sering di dengar adalah memelihara lebih baik daripada memperbaiki , secara teori gunakanlah secara bijak. Maksudnya adalah perhatikan jarak tempuh penggunaan motor, apakah perlu atau tidak? Jika jarak tempuh bisa dijangkau dengan jalan kaki, tidak perlu menggunakan adalah lebih bijaksana.

Demikianlah sekilas tentang cara merawat aki motor yang bisa di himpun, semoga bermanfaat

Artikel Terkait