Pabrikan Sepeda motor injeksi
Sudah 2- 3 dekade belakangan ini motor injeksi atau sepeda motor injeksi banyak di perbincangkan di negeri ini yang mana sepeda motor injeksi ini kebanyakan menawarkan efisensi bahan bakar , ramah linkungan dan akselerasi yang maknyos.
Berbagai pabrikan sepeda motor ternama mengklaim bahwa rumah produksi nya lah yang unggul dalam mekanisme kerja mesin maupun efisiensi bahan bakar, akan tetapi sekedar mengulas bahwasanya pabrikan motor ternama umumnya mempunyai corak atau karakter sendiri dalam teknik produk-produk mereka ,mari kita teropong tentang mereka
Honda
Teknologi motor injeksi pertama kali dikenalkan Honda pada tahun 1982,pabrikan ini sudah mempopulerkan injeksi sepeda motor merka dengan PGM_FI (programmed Fuel Injection)
PGM-FI dimana salah satu teknologi dasarnya adalah tercapainya gas buang yang bersih dan penghematan bahan bakar.
contohnya Honda CX500TURBO, honda Pantheon, honda wave 125, Honda Kharisma 125D.
Yamaha
Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI)
sepeda motor Injeksi yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.
Teknologi (YMJET-FI) Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. , hampir semua sepeda motor yang dijual di dekade belakangan ini , PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah mengusung teknologi injeksi bahan bakar. Lebih dari 75 persen
contohnya Yamaha vixion, Mio, soul dan lainya
Suzuki
Sepeda motor suzuki menganut sistem discharge pump (DCP),dimana pompa bensin menyatu dengan injector tidak ditempatkan terpisah di tangki bahan bakar seperti system injeksi konvensional
Karena posisi pompa berada di injector maka posisi tangki harus selalu berada diatas agar bensin dapat mengalir berdasarkan gaya gravitasi dan agar suplai bahan bakar ke discharge pump lancar .
Contohnya :Shogun 125 FI dan suzuki shogun 125 Hyper injection
Kawasaki
Sepeda motor Kawasaki menganut sistem Fuel Injection System ( 28 mm x 2 ) dengan katup Throttle . Fuel injection mengatur penggunaan bahan bakar yang ideal di segala kondisi dan tenaga yang konstan di setiap putaran. Mesin dengan double paralel difokuskan untuk putaran rendah dan menengah yang responsif, dikombinasikan akserelasi yang lebih baik di putaran tinggi
contohnya : kawasaki Ninja
Demikianlah sepenggal dari history perjalan panjang tentang pabrikan Sepeda motor injeksi, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat
Artike terkait dengan Sepeda Motor Injeksi